Selamat Datang di Sekretariat Daerah Kabupaten Pakpak Bharat. Temukan Informasi Terkini tentang agenda Bupati, Wakil Bupati, Sekeratris Daerah, Ketua TP. PKK, Para Asisten dan Kegiatan/Agenda Lainnya.

Musrenbang Forum SKPD Kab. Pakpak Bharat Tahun 2012

Written By Sekretariat Daerah Kab. Pakpak Bharat on Sabtu, 10 Maret 2012 | Sabtu, Maret 10, 2012

Forum SKmerupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Kegiatan Musrenbang Kecamatan dengan SKPD, serta menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja SKPD (Renja SKPD) yang penyelenggaraannya difasilitasi oleh Bidang Litbang Bappeda pada tanggal 7-8 Maret 2012 di Ruang Rapat Bappeda, yang dihadiri Bapak Sekretaris Daerah, Drs. Holler Sinamo, MM, Anggota DPRD Muda Banurea, Anggiat Banurea, Perwakilan Pemprov Sumatera Utara, dan seluruh pimpinan SKPD Pemkab. Pakpak Bharat.
Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat menyampaikan tiga hal yang harus menjadi perhatian pimpinan SKPD dalam penyusunan Rencana Kerja SKPD. Pertama, menyelaraskan program serta kegiatan tahun 2013 dengan indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD dan Renstra SKPD; Kedua, mendukung dan mensinergikan pencapaian sasaran program dan kegiatan SKPD sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2010 yang meliputi program pro rakyat, program keadilan untuk semua dan program percepatan pencapaian tujuan pembangunan Milenium (MDG’S); Ketiga, menyelaraskan prioritas program dan kegiatan SKPD tahun 2013 denganm prioritas dan sasaran pembangunan nasional. Hal tersebut dalam upaya mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berkeadilan dengan strategi pro poor, pro job, pro growth, dan pro environment melalui sinergi pusat, daerah dan antar daerah.
Hal ini juga menjadi arahan Kepala Bappeda yang disampaikan oleh Kabid. Litbang Augusman Harapan Padang, ST, M.Si dimana dalam penyusunan Renja SKPD harus memenuhi kriteria sebagai berikut pro poor, terkait dengan pengentasan dan penanggulangan kemiskinan; Pro job, terkait dengan penciptaan lapangan kerja; Pro growth, terkait dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi; Pro sustainable, yakni pembangunan berbasis lingkungan; Sesuai dengan isu strategis dan masalah mendesak; Menyentuh secara langsung bagi usaha pemecahan masalah mendasar yang dihadapi oleh masyarakat.
Pada kesempatan tersebut anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat, Drs. Muda Banurea menyampaikan bahwa sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku hendaklah SKPD melakukan kegiatan – kegiatan strategis tentang usalan yang ada sehingga tercipta sebuah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu arahan beliau agar usulan – usulan segera direspon termasuk hasil dari pertemuan pada rapat kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar